Senin, 23 April 2012

penggunaan fungsi if dan concatenate

Daftar Penjualan Menggunakan exel


1.     Membuat table menggunakan exel untuk daftar penjualan
Buatlah from pada exel seperti ini :



Dari table diatas kita mengisi data pada kode barang dan nama pembeli. Nama pembeli diisi sesuai dengan yang anda inginkan, tidak berpengaruh pada kolom-kolom selanjutnya. Kode barang diisi sesuai nama barang yang kita beri kode.
Penjelasan pada kolom kode barang :
1.     TV untuk mengisi pada kolom nama barang
2.     07 untuk mengisi pada jumlah barang
3.     SA untuk mengisi pada kolom merk
4.     500 untuk mengisi pada kolom harga barang





1.     Pada kolom nama barang menggunakan fungsi if left. Seperti yang anda lihat ada penggunaan kode TV yaitu berarti TELEVISI yang akan dimunculkan pada kolom nama barang. Dapat kita lihat isi formula sebagai berikut :

=IF(LEFT(A4;2)="TV";"Televisi";IF(LEFT(A4;2)="CP";"Komputer";IF
(LEFT(A4;2)="VD";"VCD";IF(LEFT(A4;2)="AI";"Almari





2.     Pada kolom merk menggunakan fungsi if mid. Seperti yang anda lihat ada penggunaan kode SA yaitu berarti SAMSUNG yang akan dimunculkan pada kolom merk. Dapat kita lihat isi formula sebagai berikut :

=IF(MID(A4;7;2)="SA";"Samsung";IF(MID(A4;7;2)="SN";"Sony";IF(MID(A4;7;2)=
"JB";"Jumbo")))



3.     Pada kolom jumlah barang menggunakan fungsi concatenate. Seperti yang anda lihat ada penggunaan kode 07 yaitu berarti jumlah barang tersebut adalah 07 yang akan dimunculkan pada kolom jumlah barang. Dapat kita lihat isi formula sebagai berikut :

=CONCATENATE(MID(A4;4;2);" ";"UNIT")



4.     Pada kolom harga barang menggunakan fungsi right. Seperti yang anda lihat ada penggunaan kode 500 yaitu berarti harga barang tersebut adalah 500 yang akan di kali dengan 1500 yang akan dimunculkan pada kolom harga barang. Dapat kita lihat isi formula sebagai berikut :

=RIGHT(A4;3)*1500



Demikian pembelajaran tentang membuat table untuk membuat daftar penjualan menggunakan exel. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar