Kamis, 12 April 2012

STRUKTUR ORGANISASI

1.    PENGERTIAN STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi adalah susunan dari komponen-komponen dalam suatu organisasi. Struktur organisasi menjelaskan tentang adanya pembagian kerja dan menjelaskan tentang bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut dikordinasikan. Selain itu struktur organisasi juga menunjukan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
2.     STRUKTUR ORGANISASI SUATU PERUSAHAAN

 
Suatu perusahaan memiliki bagian-bagian struktur terpenting. berikut struktur dan pembagian tugasnya :
Komisaris adalah pemilik dari perusahaan.
President direktur bertugas mengepalai semua prosedur yang berjalan dalam suatu perusahaan.
Managing Direktur bertugas untuk memanage berjalannya suatu pelaksana yang akan dirinci seperti akan misalnya sebuah kerja sama yang akan dilakukan kedalam perusahaan lain membantu president direktur.
General Manager bertugas memimpin beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa atau seluruh manajer fungsional.manajer umum adalah  manajer yang memiliki tanggung jawab seluruh bagian/fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi.
Manager bertugas memiliki tanggung jawab pada satu bagian fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi.
Supervisor bertugas untuk mengawasi atau mengamati suatu kegiatan yang dijalankan dalam sebuah perusahaan. seorang supervisor tidak berkenan untuk mengatur yang ada dalam perusahaan.
Kepala Bagian bertugas untuk mengikutsertakan anggotanya pada berjalannya suatu kegiatanyang ada pada perusahaan.

Sebuah diagram organisasi pada suatu perusahaan dapat dianalisa melalui sifat dan maupun suatu bentuk keputusan dari level tertinggi unit perusahaan tersebutke level dibawah berikutnya. Suatu sistem informasi yang dimulai dari suatu organisasi baru membuat suatu rancangan sistem informasi dianalisa secara menyeluruh termasuk analisa terhadap struktur organisasi yang ada pada perusahaan tempat sistem informasi hendak dibangun. Sebuah perusahaan mempunyai pemilik yang disebut sebagai komisaris perusahaan.
Sebuah perusahaan akan memiliki kualitas yang baik jika semua dikerjakan dan dilakukan oleh kerja sama yang baik. tidak memonopoli atau melakukan sebuah kecurangan dalam sebuah proyek yang akan dikerjakan. Dengan ini perusahaan lain akan melihat sebuah eksperimen untuk melakukan kerjasama yang mungkin akan bisa menguntungkan satu sama lain. Semua ini dilakukan demi menunjukan sebuah perusahaan yang dimiliki sebagai implementasi setiap perusahaan yang akan bermodal tinggi dan mungkin bisa melakukan kerja sama dengan perusahaan asing yang akan menghasilkan nilai keuntungan yang sangat tinggi. Sebuah perusahaan tidak perlu memiliki perusahaan yang besar hanya dengan bermodalkan kerja sama yang baik perusahaan mungkin dapat berkembang. Apalagi misalnya kecurangan yang pernah kita lihat dalam perusahaan hanya untuk mengambil keuntungan semata untuk pribadi. Kenyamanan saling menghargai satu bagian satu sama lain juga diperlukan dalam sebuah perusahaan. Bagian paling tinggi juga tidak berhak mehakimi suatu karyawan hanya dalam masalah yang sepele atau melihat bagian yang terkecil. Perusahaan akan lebih merasa nyaman bila suatu kekerabatan yang mungkin bisa menjadi suatu nilai positif dalam perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar