Senin, 15 Oktober 2012

SISTEM INFORMASI PADA PERUSAHAAN


Pengertian informasi atau definisi informasi adalah data yang diolah dan dibentuk menjadi lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Informasi merupakan pengumpulan dan pengolahan data untuk memberikan keterangan atau pengetahuan. Maka dengan demikian sumber informasi adalah data. Data adalah kesatuan yang menggambarkan suatu kejadian atau kesatuan nyata. Setiap perusahaan membutuhkan informasi untuk mengembangkan manajemennya. Berikut informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan :
1.   Pengaruh ekonomi internasional dan persaingan dunia
Perusahaan sangat membutuhkan informasi ini karena dalam hal ini perusahaan tidak lagi bersaingan hanya dalam negeri melainkan semua negara. Apabila perusahaan tidak mendapat informasi ini perusahaan tersebut bisa kalah bersaing dengan perusahan perusahan lain dari semua negara.
2.   Kompleksitas teknologi
Setiap perusahaan membutuhkan teknologi untuk memenuhi  operasi perusahaan tersebut. Karena dengan adanya teknologi perusahaan akan lebih mudah mengoperasikan kebutuhan perusahaan itu.
3.   Batas waktu yang singkat
Pada saat ini semua operasi perusahaan dilakukan dengan cepat. Dengan telefon perusahaan akan lebih cepat mendapat informasi untuk pengoperasian perusahaan.
4.   Kendala kendala sosial
Dalam mengembangkan manajemennya setiap perusahaan membutuhkan seorang manajemen atau manajer.  Agar perusahaan tersebut bisa berkembang seorang manajemen perlu mengelola perusahaan tersebut dengan beberapa sumber, yaitu :
1.   Manusia
Manajer perlu memberi pengarahan kepada karyawannya  untuk pekerjaan karyawan tersebut. Selain itu manajer perlu memberi dukungan dan suasana yang nyaman supaya karyawan dapat bekerja semaksimal mungkin.
2.   Material
Seorang manajer harus mengelola material yang di butuhkan perusahaan dengan benar supaya perusahaan itu dapat berkembang.
3.   Mesin atau fasilitas perusahaan
Mesin atau fasilitas sangat dibutuhkan perusahaan supaya karyawan dapat lebih mudah mengoperasikan apa yang dibutuhkan perusahaan.
4.   Keuangan
Seorang manajer mempunyai tugas mengatur pemasukan dan pengeluaran yang terjadi di perusahaan.
5.   Informasi
Selain mengatur keuangan manajer jg membutuhkan informasi, baik itu informasi dari dalam perusahan maupun luar perusahaan.
Dalam dunia usaha terdapat banyak hal yang berpengaruh terhadap kesinambungan dunia usaha pada suatu daerah tertentu. Variable-variabel di bawah ini secara tidak langsung memberi efek pada suatu perusahaan. Setiap perusahaan memiliki resistansi atau daya tahan masing-masing terhadap setiap faktor yang berbeda-beda.
Faktor lingkungan yang mempengaruhi dunia usaha secara tidak langsung ini berada di luar dari elemen pihak internal dan eksternal yang telah dijelaskan pada artikel bagian lain. Secara bersamaan dengan faktor internal dan eksternal dengan faktor lingkungan mempengaruhi kondisi dunia usaha.
1.   Variabel Sosial
a) Faktor demografik/demografis : seperti jumlah, komposisi, dan pertumbuhan penduduk suatu wilayah atau area.
b) Faktor gaya hidup : selera masyarakat, trend yang sedang digandrungi, dan lain sebagainya.
c) Faktor nilai sosial : adat-istiadat, norma yang berlaku, kebiasaan, dan lain-lain.
2.   Variabel Ekonomi
Berkaitan erat dengan indikator ekonomi yang bersifat umum mengukur tabungan, investasi, produktivitas, lapangan kerja, kegiatan pemerintah, transaksi perdagangan internasional, pendapatan, produk nasional dan lain sebagainya.
3.   Variabel Politik
Faktor-faktor yang terkait dengan kondisi atau iklim perpolitikan di suatu daerah.
4.   Variabel Teknologi
Kemajuan di bidang teknologi yang berubah-ubah dari waktu ke waktu yang terkadang sangat cepat sangat mempengaruhi dunia usaha. Perusahaan yang statis dan tidak mengikuti perkembangan teknologi cenderung tertinggal dibandingkan dengan perusahaan yang terus menerus melakukan adaptasi teknologi untuk membuat operasional usah menjadi lebih efektif dan efisien.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar