Rabu, 05 Oktober 2016

Mata Kuliah Dasar Umum Ilmu Dasar Sosial (MKDU ISD)

Sebelum membahas apa itu Ilmu Sosial Dasar saya ingin membahas sedikit tentang Mata kuliah Dasar Umum. Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus di berikan di perguruan tinggi. Mata Kuliah Dasar Umum yang wajib di berikan antara lain adalah sebagai berikut :
  • Agama
  • Pancasila 
  • Kewiraan 
  • Ilmu alamiah dasar / IAD 
  • Ilmu sosial dasar/ ISD 
  • Ilmu budaya dasar/ IBD
Mata Kuliah Dasar Umum wajib diberikan di perguruan tinggi bertujuan sebagai berikut : 
  • Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat, bangsa, serta agama.
  • Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan sosial yang timbul dalam masyarakat.
  • Memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner/ antar ilmu pengetahuan, sehingga memudahkan mereka berkomunikasi.
Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan tidak hanya menjadi tukang saja tetapi diharapkan mempunyai tiga jenis kemampuan yaitu personal, akademis, dan professional.
  • Kemampuan personal/ kemampuan kepribadian. Dengan kemampuan ini tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai-nilai keagamaan, kemasyarakatan, kenegaraan/ pancasila serta memiliki pandangan luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia.
  • Kemampuan Akedmik. Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, menguasai peralatan analisa, mampu berpikir logis, kritis, sistematis, dan analitis. Memiliki kemampuan konsepsional untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi serta mampu menawarkan alternatif pemecahannya.
  • Kemampuan Profesional. Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Tenaga ahli diharapkan memliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
Selanjutnya saya ingin membahas Ilmu Sosial Dasar ISD, apa itu Ilmu Sosial Dasar ? Ilmu Sosial Dasar atau ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah sosial yang timbul dan berkembang dalam masyarakat. ISD memberikan dasar-dasar pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kepada mahasiswa, yang diharapkan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah dalam kehidupan masyarakat. Dengan begitu antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu sosial dasar tidak ada perbedaan yang prinsipiil. Tujuan mata kuliah dasar umum ilmu social dasar adalah sebagai berikut :
  • Menghasilkan tenaga terampil agar menjadi “tukang” yang mengisi birokrasi di bidang administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain dalam tujuan eksploitasi (pemerasan) kekayaan negara.
  • Mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah dalam kehidupan masyarakat.
  • Peka terhadap denyut kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan masyarakat.
Ilmu Sosial berasal mula dari filsafat, filsafat itu sendiri merupakan sumber dari segala ilmu pengetahuan. Dari filsafat ilmu pengetahuan di bagi menjadi 3 cabang ilmu pengetahuan antara lain :
  1. Natural Science/ ilmu-ilmu alamiah meliputi fisika, kimia, astronomi, biologi, botani dan lain-lain.
  2. Social Science/ ilmu-ilmu sosial terdiri dari sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, gografi dan lain-lain. 
  3. Humanities/ ilmu-ilmu budaya meliputi bahasa, agama, kesusastraan, kesenian dan lain-lain.
Ilmu sosial terbagi menjadi dua bagian yaitu ilmu pengetahuan sosial dan ilmu sosial dasar. Perbedaan antara ilmu pengetahuan sosial dan ilmu sosial dasar adalah sebagai berikut :
  • Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah sedangkan Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi.
  • IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan) sedangkan Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah tunggal.
  • Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual sedangkan Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah dalam kehidupan masyarakat
Lalu untuk persamaan dari kedua ilmu sosial tersebut, yaitu ilmu pengetahuan sosial dan ilmu sosial dasar adalah sebagai berikut :
  • Kedua ilmu sosial tersebut merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
  • Bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  • Mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Contoh masalah sosial yang sering sekali dihadapi sampai saat ini adalah masalah sampah. Tidak di pungkiri masalah sampah merupakan masalah yang tidak bisa di selesaikan hanya dengan membersihkannya, namun perlu kesadaran dari setiap manusia untuk mencintai lingkungan yang bersih dan nyaman dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Sama seperti halnya di lingkungan saya, masalah sampah sampai saat ini belum terselesaikan walaupun sudah disediakan tempat sampah. Karena masih berserakannya sampah di lingkungan saya, akhirnya seluruh penduduk disekitar memutuskan untuk melakukan gotong royong membersihkan sampah-sampah tersebut. Gotong royong tersebut dilakukang seminggu sekali (setiap hari minggu) sebagai salah satu solusi mengurangi sampah-sampah yang berserakan. Pentingnya masalah sampah perlu disadari oleh setiap manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar